BISNIS IKAN HIAS TAHUN 2017

Published By: Hari Palguna Sel, Nov 7th, 2017

APA ITU IKAN HIAS

Ikan hias merupakan jenis ikan yang mempunyai daya tarik tersendiri baik warna, bentuk maupun tingkah lakunya yang unik. Indonesia menempati posisi penting dalam hal potensi keragaman spesies ikan hias yakni 4.552 jenis dari potensi dunia 32.400 spesies (Balitbang KP).

BAGAIMANA INDONESIA DENGAN IKAN HIAS

Diharapkan ekspor ikan hias Indonesia pada tahun 2017 yakni 2,1 milyar ekor yang berarti meningkat 1,1 milyar ekor dari tahun 2015 yakni 1 milyar ekor.  Diketahui usaha budidaya ikan hias menempati urutan pertama  sebagai pendapatan tertinggi rumah tangga sektor pertanian dengan nilai 50,85 juta per-tahun (Sensus Ek., 2013). Indonesia merupakan salah satu Negara eksportir ikan hias terbesar di dunia setelah Singapura, Spanyol, Jepang, dan Ceko. Adapun negara  tujuan ekspor ikan hias yaitu Singapura, Jepang, Amerika Serikat, Malaysia, dan Hongkong dengan nilai 18,26 juta dolar Amerika pada tahun 2014. Untuk meningkatkan nilai ekspor ikan hias Indonesia maka Kementerian Kelautan dan Perikanan Indonesia menetapkan sentra produksi ikan hias air tawar yaitu Jawa Timur, Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, dan D. I. Yogyakarta.

UPAYA D. I. YOGYAKARTA

Sesuai penetapan Kementerian Kelautan dan Perikanan D.I. Yogyakarta sebagai salah satu sentra produksi ikan hias air tawar namun kenyataannya ikan hias yang ada dipasaran Yogyakarta sebagian besar masih berasal dari daerah lain seperti Tulungagung, Blitar, Kediri (Jawa Timur) dan Sukabumi (Jawa Barat). Oleh karena itu Dinas Kelautan dan Perikanan pada tahun 2018 mencanangkan ” Ikan Hias Jogja bangkit” yang tentu saja akan diikuti berbagai macam rencana kegiatan seperti mengembangkan Pokdakan Ikan Hias, menghidupkan kembali organisasi DPD PIHI D.I. Yogyakarta dan organisasi sejenis, serta menyelenggarakan beberapa kegiatan seperti pameran, kontes ikan hias dll.

BAGAIMANA BISNIS IKAN HIAS DI KOTA YOGYAKARTA

Kondisi bisnis ikan hias  di Yogyakarta masih menguntungkan baik di tingkat pembudidaya maupun di pedagang. Berdasarkan informasi yang disampaikan koordinator pemasaran ikan hias kampus Akademi Perikanan Yogyakarta yang juga pelaku pembudidaya ikan koi Budi Haryanto, S.P. yaiitu usaha di tingkat ini masih sehat untuk dilakukan. Misalnya di tingkat pembudidaya, ikan hasil produksi semua  dapat dipastikan terjual habis dengan keuntungan lebih dari 300%, di tingkat pedagang dapat mengambil keuntungan penjualan ikan hias  sampai 100%, alat 30 %, bahan 20%. Dalam kondisi daya beli masyarakat yang menurun seperti  dua, tiga tahun ini pemilik kios APY masih dapat meraih omset lebih dari 9 juta rupiah, yang berarti dapat membayar 2 orang tenaga dan mendapatkan hasil bersih lebih dari 1,5 % dari total modal usaha.(Hari Palguna)

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.0/5 (1 vote cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0 (from 0 votes)
BISNIS IKAN HIAS TAHUN 2017, 4.0 out of 5 based on 1 rating
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn
berbagi dengan temanShare on FacebookTweet about this on Twitter

Leave a GuestBook


Note : Please do not make spam. Thank You For Giving Opinions