“BUKAN SEKEDAR REKREASI” DI GEMBIRA LOKA ZOO

Published By: Hari Palguna Kam, Agu 16th, 2012

APA GEMBIRA LOKA ZOO

Gembira Loka zoo yang dahulu disebut Kebun Raya dan Kebun Binatang Gembira Loka. Gembira Loka Zoo merupakan Lembaga Konservasi yang didirikan pada tanggal, 10 Nopember 1955 di Kota Jogja bagian timur. Gembira Loka Zoo menempati areal seluas 19,83 ha. Dalam sejarah yang panjang, hingga sekarang berumur 58 tahun, jumlah pengunjungnya mengalami naik-turun. Pada periode tahun 2011 jumlah pengunjung melampaui 1.180.000 orang, jumlah pengunjung puncaknya pada tahun 1978 yakni berjumlah 1.500.000 orang.

SIAPA DI BALIK GEMBIRA LOKA ZOO

Gembira Loka Zoo didirikan oleh Yayasan “Gembira Loka Yogyakarta”, berdasarkan akte notaris RM. Wiranto No. 11 tanggal 10 September 1953 yang diketuai oleh Sri Paduka KGPAA Pakualam  VIII. Pembangunan pertama kali di bawah pengawasan Honggowongso, kemudian dilanjutkan Tirtowinoto. Tirtowinoto menyumbangkan dana besar, tenaga dan pikirannya sehingga mampu mengantarkan Gembira Loka Zoo dapat mandiri.  Pimpinan Gembira Loka Zoo dalam sejarah tercatat drh. Mitrodipohusodo, Romo Kabul dan KMT.A. Tirtodiprojo. Selain itu masih banyak tokoh-totok lain yang menempati posisi masing-masing, baik yang di Yayasan maupun di Gembira Loka Zoo.

MENGAPA GEMBIRA LOKA ZOO

Gembira Loka Zoo sebagai Lembaga Konservasi yang mempunyai fungsi: Pelestarian, penelitian, pendidikan, dan rekreasi maka tepat jika Gembira Loka Zoo bersemboyan “Bukan Sekedar Rekreasi”. Berbagai prestasi telah diraihnya yaitu antara lain: Kalpataru Katagori Perintis Lingkungan, Penangkar Komodo Terbanyak di Dunia, dan Terakreditasi B dengan jumlah nilai terbaik katagori Kebun Binatang di tingkat nasional.

Pada tahun ini Gembira Loka Zoo melanjutkan pembangunan yang telah dimulai pasca gempa bumi Yogyakarta dan Klaten pada 27 Mei 2006. Pembangun dilakukan secara bertahap yang berdasarkan prioritas. Menjelang lebaran 1432 H, tahun lalu Gembira Loka Zoo mampu menyelesaikan Taman Reptil dan Amphibia. Pada lebaran 1433 H, tahun ini Gembira Loka Zoo memprioritaskan pembagunan prasarana sarana rekreasi berupa: Jalan, jalur Taring, wahana air dan sarana pendukung seperti mushola, kantin, toilet dan lain sebagainya yang dapat diselesaikan dengan baik.

Menyambut kunjungan wisatawan lebaran 1433 H, Gembira Loka Zoo menyatakan kesiapannya. Sarana fisik seperti infastruktur jalan, sarana pendukung, wahana permainan dinyatakan 100 % siap menyambut kunjungan wisatawan dan didukung oleh 560 karyawan yang akan menempati pos masing-masing.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0 (from 0 votes)
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn
berbagi dengan temanShare on FacebookTweet about this on Twitter

Leave a GuestBook


Note : Please do not make spam. Thank You For Giving Opinions