DIET KANTONG PLASTIK – GO GREEN

Published By: Hari Palguna Sen, Jul 16th, 2012

Berbagai elemen masyarakat kota Solo kampanyekan Diet Kantong Plastik di Plaza Sriwedari, Jalan Slamet Riyadi Solo, saat Car Free Day, Minggu, 15 Juli 2012 yang baru berlalu. Maka timbul pertanyaan, apa yang dimaksudkan dengan Diet Kantong Plastik? Jawabannya, kita, seluruh masyarakat  diminta mengurangi penggunaan kantong plastik dan efisien dalam penggunaannya, seperti menggunakan berulang-ulang. Semestinya keprihatinan kita terhadap kantong plastik tercermin dalam implementasi di dalam kehidupan sehari-hari. Informasi yang dapat kita mengerti bahwa di Indonesia, setiap orang rata-rata menggunakan 700 kantong plastik setiap tahun, berat sampah plastik terkumpul 23.600 ton setiap hari, dan sampah plastik baru akan dapat terurai dengan sempurna setelah membutuhkan waktu 100 tahun. Kadang kita suka menyumpah, muak, marah oleh membanjirnya sampah plastik, namun sulit bagi kita menghidari penggunaan apalagi menghindar dari  melihat sampah plastik yang berserakan di mana-mana.

Berbagai bentuk efek negatif yang ditimbulkan  oleh sampah plastik sekurangnya ada 4 macam yaitu antara lain: (1) sampah plastik berperan besar menyumbat saluran air, seperti parit, selokan, sungai dan bendungan hal ini akan menyebabkan banjir jika musim penghujan tiba, (2) tersebar di areal pertanian, hal ini akan mengganggu proses produksi pertanian dan juga mengurangi kesuburan tanah, (3) tersebar di mana-mana, sehingga merupakan polusi terhadap keindahan, dan (4) penumpukan sampah plastik di bumi yang tidak mudah terurai tersebut akan memicu percepatan pemanasan global.

Kampanye Diet Kantong Plastik merupakan salah satu cara yang berperan agar masyarakat mengerti kondisi sampah plastik, dan memahami bahaya, serta mengetahui cara-cara mengurangi bahaya yang akan timbul.  Selanjutnya masyarakat akan mampu mengimplementasikan dalam kehidupannya untuk hidup sehat dengan cara Diet Kantong Plastik.

Berbagai bentuk kegiatan Diet Kantong Plastik yang dapat dilakukan oleh masyarakat yaitu antara lain: (1) Berbelanja membawa tas sendiri, reuseable bag, katakan pada pedagang, toko, supermarket dimana anda berbelanja, bahwa anda telah membawa tas sendiri, (2) pilihlah kantong plastik di rumah anda untuk dapat digunakan kembali misalnya untuk belanja, dibuat tempat media tanam, (3) pisahlah sampah plastik dari sampah organik untuk dapat di daur ulang.

Jika kegiatan Diet Kantong Plastik berhasil maka kita akan dapat mengatakan “Selamat tinggal kantong Plastik. Selamat datang bumi yang cantik”,  dengan penuh senyum lalu tuliskan di hati kita “Go Green”.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0 (from 0 votes)
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn
berbagi dengan temanShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Leave a GuestBook


Note : Please do not make spam. Thank You For Giving Opinions