DOSEN MATAKULIAH PENDIDIKAN PANCASILA PERLU DITATAR ULANG

Published By: Hari Palguna Rab, Agu 8th, 2012

Pasca pengumuman pengunduran diri secara resmi Soeharto sebagai Presiden Republik Indonesia pada tanggal 20 Mei 1998 dan melimpahkan kekuasaannya kepada B.J. Habibie sebagai Presiden yang disumpah pada tanggal 21 Mei 1998. Sejak saat itulah itu Orde Reformasi dan babak baru perkembangan demokrasi di Indonesia dimulai.

Namun disayangkan Pancasila sebagai landasan idelogi bernegara dari negara Republik Indonesia yang nyata dimasa Orde Baru terus ditingkatkan dan dikembangkan di semua jalur pendidikan, termasuk perguruan tinggi, namun dimasa orde reformasi terus mengalami degradasi, meskipun amanat meningkatkan dan mengembangkan telah tertuang di dalam UU No. 2 tahun 1989, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Berdasarkan UU No. – tahun 2013, tentang Perguruan Tinggi, yang telah disyahkan di Jakarta, 13 Juli 2013. Pada Paragraf 2, Pasal 35 ayat 3 bahwa Agama, Pancasila Kewarganegaraan; dan bahasa Indonesia merupakan mata kuliah wajib bagi perguruan tinggi. Ini berarti Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, harus terus menerus ditingkatkan dalam hal  ketepatan materi instruksionalnya, dikembangkan kecocokan metodologi pengajarannya dan dibenahi efektivitas manajemen pembelajarannya termasuk kualitas dan prospek karier pengampunya.

Dosen pengampu mata kuliah Pendidikan Pancasila merupakan pilar keberhasilan apa yang diamanatkan oleh UU No. 2 tahun 1989, tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Berdasarkan UU No. – tahun 2013, tentang Perguruan Tinggi, yang telah disyahkan di Jakarta, 13 Juli 2013 maka harus segera “digembleng” untuk meminjam isilah dididik, harus segera dilakukan. Penggemblengan dosen mata kuliah Pendidikan Pancasila dapat melalui bergai jalur metode pendidikan, salah satunya melalui metode penataran.

Kenapa metode penataran yang dipilih, karena pada masa Orde Baru dipakai metode ini, ternyata sangat efektif dan efisien.

Adanya alasan,  sekarang merupakan awal tahun akademik 2012/2013, dimana mata kuliah Pendidikan Pancasila hampir diajarkan pada semester I di semua perguruan tinggi, maka hendaknya segera dilakukan penataran bagi dosen pengampu matakuliah Pendidikan Pancasila, yang tentu diharapkan akan dapat diperoleh capaian yakni mahasiswa yang berkualitas sebagai generasi penerus bangsa, yang berjiwa nasionalis, dan bersikap cerdas dan penuh tanggung jawab. Disertai dengan perilaku:

  1. Beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa
  2. Berperikemanusiaan yang adil dan ber adab
  3. Mendukung persatuan bangsa
  4. Mendukung kerakyatan yang mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan perorangan
  5. Mendukung upaya untuk mewujudkan keadilan sosial.
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0 (from 0 votes)
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn
berbagi dengan temanShare on FacebookTweet about this on Twitter

Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. muhammad agusno berkata:

    ijin copas bapak hari untuk di muat di fb

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Leave a GuestBook


Note : Please do not make spam. Thank You For Giving Opinions