GERAKAN NASIONAL PEMBERSIHAN PAKU POHON (GNP3)

Published By: Hari Palguna Sel, Feb 12th, 2013

Cabut pakuSolo copyAksi yang dilakukan masyarakat Solo, khususnya anggota Sukarelawan Pengatur Lalu Lintas (Supeltas), mencabuti paku paku yang menancap di pohon-pohon yang berada di sisi kiri dan kanan sepanjang jalan Slamet Riyadi. Aksi tersebut bertepatan dengan Car Free Day (CFD), Minggu, 10 Pebruari 2013. Hal ini patut diapresiasi dan diberikan penghargaan kepada mereka. Para relawan tersebut dalam aksinya mengenakan pakaian dinas mereka, yakni rompi hijau pupus, kemeja biru, dan topi Supeltas. Mereka membawa peralatan pengungkit paku, seperti tang, linggis, palu dan kantong. Widodo, peserta aksi mengatakan paku-paku yang menancap di pohon itu merupakan sampah dan tentu mengganggu kehidupan pohon, maka harus dibersihkan.

Drs. Hari Palguna, M.P., Staf Ahli Biologi di Gembira Loka Zoo, dikantornya,  menanggapi aksi tersebut sebagai upaya yang positif dan tentu harus ditiru oleh masyarakat di kota lain. Sebagai biolog, Hari Palguna mengatakan, upaya seperti itu telah dilakukannya, khususnya di tempat kerjanya, telah berpuluh tahun untuk membebaskan pohon-
Bebas paku
pohon agar terbebas bebas dari rasa sakit, seperti  halnya terdapatnya paku.  Berkat dukungan dari berbagai pihak menjadikan usaha tersebut tidak sia-sia, lima tahun terakhir GembiraLoka Zoo, pohon-pohonnya telah terbebas dari paku. Tentu hal ini dapat memberikan nilai positif terhadap hasil nilai akreditasi lembaga konservasi katagori kebun binatang. Dan Gembira Loka Zoo telah ditetapkan sebagai lembaga konservasi katagori kebun binatang dengan hasil nilai terbaik di tingkat nasional. Selanjutnya Hari Palguna menambagkan aksi yang dilakukan oleh masyarakat Solo terus perlu dijadikan suatu pergerakan nasional yang mungkin dapat dikatakan Gerakan Nasional Pembersihan Paku Pohon yang mungkin dapat disingkat GNP3.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.0/5 (1 vote cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0 (from 0 votes)
GERAKAN NASIONAL PEMBERSIHAN PAKU POHON (GNP3), 4.0 out of 5 based on 1 rating
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn
berbagi dengan temanShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Leave a GuestBook


Note : Please do not make spam. Thank You For Giving Opinions