GUMUK PASIR DI PARANGTRITIS TERANCAM PUNAH

Published By: Hari Palguna Sel, Jun 19th, 2012

Keberadaan gumuk pasir (sand dune) di desa Parangtritis, kecamatan Kretek, kabupaten Bantul, berbatasan dengan samodra Hindia. Mempunyai ciri yang khas yang terbentuk oleh bahan pasir, hasil erupsi material vulkanis Gunung Merapi dan pengaruh angin tenggara yang membentur tebing kars di bagian timur, serta oleh pengaruh gelombang laut yang besar telah menunjukkan gumuk pasir dengan ciri spesifik, hanya satu-satunya di dunia.

Namun gumuk pasir tersebut mengalami degradasi demikian cepat, tidak lebih dari 30 tahun mengalami penyusutan luas dari 300 hektar, kini tinggal 60 hektar. Selain itu juga mengalami penurunan kualitasnya. Degradasi gumuk pasir tersebut oleh karena aktivitas manusia yang masif berupa alih fungsi menjadi lahan pertanian, pemukiman dan penambangan pasir. Untuk itu diperlukan gerakan yang terstruktural, kerjasama antar stakeholders dalam upaya penyelamatan gumuk pasir di desa Parangtritis tersebut.

Penanaman tanaman kehutanan seperti Cemara Udang (Casuarina equesetifolia) dan Akasia (Acacia auriculiformes) di zona depan yang berbatasan dengan bibir pantai telah memungkinkan di bagian belakangnya dapat dikembangkan tanaman pertanian. Adanya pembangunan pemukiman baik rumah tinggal maupun rumah penginapan akan menghalangi terbentuknya gumuk pasir. Aktivitas penambangan pasir dari bagian hulu, di lereng Gunung Merapi hingga muara Sungai Opak, Sungai Progo menjadikan asupan pasir untuk terbentuknya gumuk pasir amat berkurang.

Solusi yang ditawarkan tentu kawasan gumuk pasir di desa Parangtritis, kecamatan Kretek, kabupaten Bantul, dijadikan kawasan dilindungi dan berfungsi untuk ekowisata, dituangkan dalam peraturan daerah, syukur selanjutnya dapat ditetapkan oleh  peraturan-peraturan yang lebih tinggi. Pemanfaatan kawasan diatur sedemikian rupa, sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat, khususnya masyarakat setempat.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 3.0/5 (1 vote cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0 (from 0 votes)
GUMUK PASIR DI PARANGTRITIS TERANCAM PUNAH, 3.0 out of 5 based on 1 rating
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn
berbagi dengan temanShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Leave a GuestBook


Note : Please do not make spam. Thank You For Giving Opinions