IKAN HANTU

Published By: Hari Palguna Ming, Feb 5th, 2012

Nama Indonesia: Ikan Hantu

Common Name : Black Ghost

Nama Latin        : Apteronotus albifrons

Klasifikasi: Ordo Cypriniformes, Familia: Apteronotidae

Deskripsi: Tubuh berbentuk pipih, memanjang, mirip penjor. Panjang tubuh dapat mencapai 50 cm. Ikan jenis ini tidak mempunyai sirip punggung, sirip ekor mengalami reduksi. Sirip dada berbentuk membulat, sirip perut dan sirip anal menyatu dan berlanjut hingga sirip ekor. Pada sirip ekor terdapat bagian organ yang mengandung medan listrik. Warna tubuhnya biru gelap, di bagian ekor terdapat 2 garis melingkar berwarna putih. Di bagian dahi hingga dagu terdapat garis putih melebar.

Perilaku: Menyukai lingkungan yang gelap, berenang maju-mundur, naik- turun di antara benda yang ia manfaatkan sebagai pelindung.

Reproduksi: Pembuahan telur dilakukan secara eksternal, telur-telur yang telah dibuahi diletakkan di antara butiran-butiran pasir, kerikil atau tanaman air.

Pakan: Di habitat aslinya ikan hantu memakan berbagai bintang avertebrata yang berukuran kecil seperti cacing, udang, larva binatang air lainnya.

Habitat: Perairan yang arusnya tenang, bagian dasar berpasir dan berkerikil dan ditumbuhi tanaman air. Tersebar di perairan Amazon dan Suriname.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 3.0/5 (2 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: +1 (from 1 vote)
IKAN HANTU, 3.0 out of 5 based on 2 ratings
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn
berbagi dengan temanShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Leave a GuestBook


Note : Please do not make spam. Thank You For Giving Opinions