JACKAS PENGUIN (Spheniscus demersus)

Published By: Hari Palguna Sab, Mei 17th, 2014

Jack.penguincopyJackas Penguin merupakan penguin Afrika, merupakan satu-satunnya penguin yang hidup di Afrika. Burung ini hidup tersebar di sepanjang pantai Boulders, Cape Peninsula Afrika Selatan, dan pulau-pulau di bagian tenggara Afrika Selatan.

Jackas Penguin termasuk kelompok penguin yang berukuran sedang, tinggi tubuhnya 68 cm, dan memiliki berat 2,1-3,7 kg.

Populasi Jackas Penguin di habitat aslinya mengalami penurunan , pada tahun 1990 diperkirakan 1.500.000 ekor, namun pada tahun 1990 tinggal 224.000 ekor. Diduga penurunan jumlah tersebut disebabkan oleh (1) nelayan dan burung sebagai kompetitor mendapatkan pakan berupa jenis-jenis ikan pelagig, (2) Kompetisi mendapat ruang sebagai tempat hidupnya dan (3) Reptilia, burung dan mamalia predator.

Kondisi tersebut menjadikan Jackas Penguin diklasifikasikan ke dalam jenis burung yang terancam punah oleh IUCN yang merupakan keputusan Konvensi Bonn, kedalam Appendix II.

Jenis-jenis pakan Jackas Penguin berupa ikan lemuru/teri, sarden, mackerel, cumi-cumi dan udang,

Jackas Penguin bereproduksi pada umur 2-6 tahun, optimal pada umur 4 tahun, waktu kawin pada bulan Maret-Mei dan November-Desember, mencapai puncak padan bulan Maret-Mei. Telur berjumlah 2 butir dierami secara bergantian oleh induknya selama 40 hari, anak yang lahir dilindungi oleh induknya dari gangguan di bawah sayapnya selama 15 hari dan dijaga dari serangan predator sampai berumur 30 hari. Selanjutnya anak-anak Jackas Penguin diajak berenang oleh induknya ke dalam laut.  Anak Jackas Penguin menjadi remaja setelah berumur 130 hari dan kemudian mabung yang membutuhkan waktu 20 hari, selama mabung ia akan kehilangan lebih dari separoh berat tubuhnya, kemudian akan kembali ke laut untuk mengembalikan berat tubuhnya yang hilang.

Jackas Penguin mempunyai kemampuan berenang dengan kecepatan 20 km/jam, dan kemampuan menyelam sampai kedalaman 30m.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 3.0/5 (1 vote cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0 (from 0 votes)
JACKAS PENGUIN (Spheniscus demersus), 3.0 out of 5 based on 1 rating
berbagi dengan temanShare on FacebookTweet about this on Twitter
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Leave a GuestBook


Note : Please do not make spam. Thank You For Giving Opinions