KATAK PESEK

Published By: Hari Palguna Jum, Nov 23rd, 2012

Nama Indonesia     : Katak Pesek

Common Name       : Dumpy Treefrog

Nama Latin               : Litoria caerulea

Klasifikasi                 : Ordo Anura, Famili Hylidae

Deskripsi      : Panjang tubuh katak dewasa jantan mencapai 7 cm, sedangkan katak betina panjang tubuhnya mencapai 11,5 cm. Bagian dorsal tubuhnya berwarna hijau zamrud dengan bintik-bintik agak keputihan atau keemasan tersebar dari sisi mulut hingga belakang dan bagian ujung tungkai. Bagian ventral tubuhnya cenderung berwarna putih susu. Bantalan kaki katak ini cenderung lebih besar. Matanya memiliki kornea berwarna hitam horizontal, sedangkan beberapa anggota dari suku Hylidae lain sebagian besar vertikal. Pada bagian kulit terdapat kutikula yang berfungsi untuk mempertahankan kelembaban tubuhnya. Kulit pada bagian tenggorokan katak jantan lebih tipis dan berkeriput karena memiliki kantung suara yang digunakan saat musim kawin tiba, kantung tersebut berwarna abu-abu. Sedangkan kulit pada bagian tenggorokan dan bagian tubuh lain pada katak betina lebih tebal seperti berlemak.

Perilaku         : Katak ini aktif pada siang dan juga malam hari (tidak menentu, tergantung keadaan lingkungannya). Pada saat musim kemarau, katak akan bersembunyi di lubang-lubang tanah, kayu lapuk dan bebatuan serta melumuri lubang tersebut dengan lender untuk mempertahankan kelembaban tempet persembunyiannya.

 Reproduksi  : Kematangan seksual katak jantan maupun betina kira-kira setelah berumur 2-3 bulan. Musim kawin katak ini terjadi saat musim hujan. Saat musim-musim tersebut katak jantan akan bersuara untuk menarik jenis betina. Selanjutnya mereka akan berpindah ke daerah yang dekat dengan daerah perairan tawar. Katak betina akan menghasilkan 150-300 butir telur yang akan menetas setelah berumur 3 hari. katak tersebut setelah menetas akan mulai bermetamorfosis hingga tubuhnya terbentuk seperti katak dewasa membutuhkan waktu sampai 2 minggu.

 Pakan            : Katak ini merupakan jenis hewan pemakan berbagai jenis serangga (Insektivora), seperti jangkrik, kecoak, kupu, ngengat, nyamuk dan beberapa jenis serangga lain.

 Habitat           : Katak ini mempunyai kemampuan yang tinggi untuk beradaptasi dengan lingkungannya. Tubuhnya mampu mengontrol evaporasi sesuai dengan keadaan lingkungan. Kemampuan tersebut dapat terlihat dari permukaan kulitnya. Katak ini lebih suka daerah yang lembab dan basah, seperti hutan hujan.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 3.0/5 (2 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: +1 (from 1 vote)
KATAK PESEK, 3.0 out of 5 based on 2 ratings
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn
berbagi dengan temanShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Leave a GuestBook


Note : Please do not make spam. Thank You For Giving Opinions