KEARIFAN LOKAL MENENTUKAN KEBERHASILAN MENANAM PADI

Published By: Hari Palguna Sab, Des 8th, 2012

PERHITUNGAN MANGSA

Waktu tanam padi, petani di eks-Karesidenan Surakarta dan Daerah Istimewa Yogyakarta masih menganut pranatamangsa. Namun menurut Sukardi Wisnubroto, mangsa-mangsa dalam pranatamangsa sampai batas tertentu mempunyai kesamaan dengan unsur-unsur meterologi yang menentukan kapan waktu terbaik menanam padi sesuai ilmu modern, seperti paparan sinar matahari, curah hujan, kelembaban udara. Dengan demikian pranatamangsa dapat digunakan sebagai pedoman berbagai kegiatan pertanian. Pranatamangsa yang dikenali petani saat ini umumnya hanya berupa rentang waktu disetiap mangsa, berdampingan dengan penanggalan Islam dan penanggalan Jawa, serta sebagian perilaku tumbuhan, perilaku tumbuhan, munculnya rasi bintang tertentu di langit, dan panjang bayangan matahari.

Berdasarkan pranatamangsa, rentang waktu dari tanggal 9 November-21 Desember 2012 merupakan mangsa ‘kanem’ atau mangsa ke-enam. Berdasarkan perhitungan waktu menanam padi baru bisa dimulai pada mangsa ‘pitu’ atau mangsa ke tujuh yakni rentang waktu 22 Desember- 2 Pebruari 2012. Petani mulai menanam padi baru bisa dimulai pada mangsa ke tujuh. Musim ini merupakan mangsa pertama dari mangsa rendheng atau musim penghujan. Rentang waktu itu, curah hujan tinggi, sungai sungai telah terisi air.

FAKTOR LAIN YANG DIPERHATIKAN

Selain memakai perhitungan pranatamangsa yang tidak meninggalkan perhitungan cuaca menurut BMGK, petani juga memperhitungkan faktor lainnya.supaya berhasil panen. Sesuai program intensifikasi pertanian untuk meningkatkan produksi padi. Pengairan yang baik dengan ditopang bantuan bibit berkualitas baik dan kecukupan pupuk. Ternyata petani di daerah eks-Karesidenan Surakarta dan Daerah Istimewa Yogyakarta sangat arif dalam menyikapi adanya perubahan iklim yang terjadi di dunia sekarang ini.

MENENAM PADI LEBIH AWAL

Penetapan awal musim tanam padi dilakukan lebih awal, hal ini dilakukan oleh petani untuk menghindari gagal panen. Kegagalan panen padi, kalau dihubungkan dengan waktu tanam  padi yaitu antara lain: (1) air, jika waktu lebih awal dapat menyebabkan tanaman padi yang baru ditanam akan kekurangan air dan menyebabkan kematian. Namun jika waktu menanam padi terlambat maka tanaman dapat digenangi oleh air yang menyebabkan pertumbuhannya terganggu. (2) angin, jika waktu menanam padi terlambat  dari waktu tanam yang tepat maka akan menyebabkan tanaman mudah roboh oleh angin, pada waktu bulir padi masih muda, karena akar tanaman padi belum mampu menahan batang padi terkena terpaan angin, sehingga menyebabkan bulir bulir padi tidak berisi atau kosong. Namun sebaliknya jika waktu menanam padi terlambat akan menyebabkan tanaman yang bulir bulirnya telah terisi, tanaman akan mudah roboh oleh terpaan angin  karena tanaman keberatan menyangga bulir bulir padi tersebut. (3) Hama dan penyakit,  penanaman yang tidak tepat waktu tanam, sering tanaman padi terserang oleh hama dan atau penyakit. Seperti tahun tahun sebelumnya, pada tahun ini di setiap daerah menentukan sendiri waktu awal musim tanam padi, karena pertimbangan curah hujan dan kondisi tanah di masing-masing daerah tersebut.

 

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0 (from 0 votes)
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn
berbagi dengan temanShare on FacebookTweet about this on Twitter

Leave a GuestBook


Note : Please do not make spam. Thank You For Giving Opinions