MENGEMBALIKAN FUNGSI SUNGAI DI PERKOTAAN

Published By: Hari Palguna Kam, Des 27th, 2012
Sungai Gajagwong (Dok.lintangluku.net)

Sungai Gajagwong (Dok.lintangluku.net)

Pada bulan September sampai dengan bulan Pebruari, untuk setiap tahunnya, di perkotaan menghadapi berbagai masalah, salah satunya ialah masalah lingkungan yakni dengan berkurangnya fungsi sungai, hal ini  telah menyebabkan timbulnya masalah-masalah baru seperti: banjir dan  wabah penyakit. Pertanyaan yang perlu dijelaskan, “Apa itu fungsi sungai?, ”  Sungai terdiri dari badan air dan daerah aliran sungai, merupakan alur terendah dari suatu topografi di suatu kawasan, sungai merupakan saluran lebar tempat bertemunya air dari berbagai tempat yang posisinya  lebih tinggi, dari aliran air tanah dan pelimpahan air hujan atau run-off. Pelimpahan air itu langsung ke sungai, atau melewati parit dan selokan. Maka fungsi sungai adalah sebagai saluran air yang ada secara alami berupa air tanah dan run- off, serta dapat berfungsi sebagai kawasan ekologi.

Berkurangnya fungsi sungai oleh berbagai sebab yaitu antara lain: (1) Pendangkalan,  ini terjadi karena sedimentasi oleh endapan tanah dan pasir yang terbawa air masuk ke dalam alur sungai. (2) Penyempitan badan air, oleh pemanfaatan daerah aliran sungai sebagai rumah tinggal. (3) Airan air tidak lancar, ini terjadi karena sampah yang memenuhi alur sungai oleh suatu kebiasaan buruk membuang sampah di sembarang tempat. (4) Berbau busuk, karena dibuangnya ke dalam sungai limbah rumah tangga seperti:  air bekas MCK (mandi, cuci dan kakus). Serta (5) juga tidak berfungsinya sungai sebagai kawasan ekologi.

Solusi yang ditawarkan, yaitu antara lain: (1) Daerah aliran sungai harus dibebaskan dari rumah tinggal, dan gantinya dapat difungsikan sebagai kawasan ekologi. (2) Dilakukan pengerukan terhadap sungai yang sudah mengalami pendangkalan. (3) Melakukan pendampingan terhadap masyarakat kota untuk meninggalkan kebiasaan buruk dan melakukan kebiasaan yang baik yaitu: membuat sumur resapan untuk menampung air bekas MCK (mandi, cuci dan kakus), serta tidak membuang sampah rumah tangga di sembarang tempat. (4) Membuat sumur resapan untuk menampung air hujan dan membuat biopori. (5) Membersihkan saluran air dari sampah, sehingga air dapat mengalir secara lancar.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0 (from 0 votes)
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn
berbagi dengan temanShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. fadillah/0642/apy berkata:

    matur tengkyu pak infonya..!!!! sukses selalu buat anda!!!!

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Leave a GuestBook


Note : Please do not make spam. Thank You For Giving Opinions