PENANGKAPAN “F” BUKAN SOLUSI PENYELAMATAN SATWA LIAR DILINDUNGI

Published By: Hari Palguna Sel, Nov 27th, 2012

Belum lama dari ini, seorang berinisial “F”, berumur 16 tahun, ditangkap karena berdagang satwa dilindungi. Barang bukti berupa 3 ekor satwa dari jenis yang berbeda. Ironis, “F” ditangkap setelah ia up-loude dagangannya di media on-line.  Jika dilihat dari sudut pandang implentasi pencegahan satwa liar, maka dapat dikatakan BKSDA Wilayah II Jawa Tengah, telah gagal atau kurang serius dalam mensosialisasikan UU.No.5 Tahun 1990; PP.7 dan 8 Tahun 1993.

Operasi penangkapan dilakukan oleh BKSDA Wilayah II Jawa Tengah, Kepolisian Resort Cilacap, Yayasan Konservasi Alam Yogyakarta (YKAY) dan Center for Orangutan Protection (COP), hal ini  tidak menyelesaikan masalah konservasi insitu maupun eksitu. 

Pekerjaan yang harus dilakukan yakni melakukan sosialisasi secara berkesinambungan yang melibatkan seluruh stakeholder. Sosialisasi dengan cara ceramah, menempel poster, membagikan leaflet dan lainnya. Sasaran sosialisasi ini dapat dilakukan kepada pejabat pemerintah, pekerja, organisasi pemuda, pelajar dan mahasiswa.  

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0 (from 0 votes)
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn
berbagi dengan temanShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Leave a GuestBook


Note : Please do not make spam. Thank You For Giving Opinions