SAMPAH ORGANIK RUMAH TANGGA BAIK UNTUK PUPUK TANAMAN

Published By: Hari Palguna Ming, Feb 26th, 2012

Ini tulisanku yang ke dua tentang sampah rumah tangga. Akhirnya aku bisa mengikuti apa yang dilakukan ibu rumah tangga yang rumahnya kebetulan bersebelahan dengan rumah saya.  Baiklah saya sadur aja satu alinia tulisan yang saya uploude beberapa bulan lalu “Kami bertetangga dengan keluarga yang terdiri suami istri, keduanya tenaga muda profesional, lima orang anak dan dua orang yang bersama mereka. Jadi di dalam keluarga itu ada sembilan orang. Akhir-akhir ini ibu rumah tangga itu dan anaknya yang paling kecil , kelas dua di Sekolah Dasar memanfaatkan kembali  limbah rumah tangganya, memisahkan yang organik dari yang anorganik. Limbah organik dijadikan media tanam, setelah dikeringkan dan dirajang dengan mesin. Pengolahan limbah organik tersebut dilakukan bersama kelompok pergaulan mereka, adapun mesin yang mereka gunakan katanya bantuan dari Balai Teknik Kesehatan Lingkungan (BTKL) Yogyakarta.  Sedangkan limbah anorganik yang berupa bungkus plastik, dan tas plastik mereka dijadikan pot untuk tanaman.” , lalu apa yang saya lakukan:

Memisahkan sampah organik dari yang an-organik, yang an-organik masih saja aku buang ke tempat Tempat Pembuangan Sementara
(TPS), khusus yang dapat difungsikan sebagai pot tidak diikutkan dibuang ke TPS. Sampah organik dikumpulkan di bak yang kebetulan aku mempunyai bekas bak mandi.

Jika sudah banyak maka dipindahkan ke plastik yang berukuran besar,diikat rapat tetapi masih menyisakan untuk aerasi.Sampah yang berada didalam plastik diletakkan di bawah pohon, tentu yang lembab dan dibiarkan saja maka akan terjadi pembusukan, dekomposisi dan jadilah kompos.

Sampah yang sudah menjadi kompos digunakan untuk mengganti media tanam, tanaman hias, sayuran dan tanaman obat di rumah tangga saya.

Demikian yang saya lakukan, meski hanya disela waktu kesibukan harian saya ternyata amat menyenangkan sehingga kedepannya dihalaman rumah saya yang sempit itu akan dapat memberikan jasa bagi keluarga dan lingkungan saya.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0 (from 0 votes)
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn
berbagi dengan temanShare on FacebookTweet about this on Twitter

Leave a GuestBook


Note : Please do not make spam. Thank You For Giving Opinions