SRI SULTAN HAMENGKU BUWONO X PELINDUNG HUTAN KOTA

Published By: Hari Palguna Jum, Des 14th, 2012
Sri Sultan HB X, depan menghadap lensa, sebelah kanan (Dok. lintangluku.net)

Sri Sultan HB X, depan menghadap lensa, sebelah kanan (Dok. lintangluku.net)

NOMEN EST OMEN

Nama adalah tanda. Khususnya bagi masyarakat Jawa (dengan pengaruh Kraton berabad lamanya), nama dipahami sebagai simbol, dengan nama yang melekat pada seseorang.
“Jadi, Sultan Yogyakarta yang namanya Hamengku, Hamengkoni. Hamengku itu melindungi, mengayomi dengan totalitas sebagai dasar pengabdian , karena dunia ini ciptaan Allah SWT”, itu dijelaskan oleh Sultan Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X di suatu kesempatan.
Implementasi nama itu terhadap hutan kota, Sultan Yogyakarta sangat peduli terhadap keberadaan dan pelestarian hutan kota. Di Kota Yogyakarta hanya ada satu hutan kota, yakni Arboretum Gembira Loka Zoo. Kunjungan Sri Sultan Hamengku Buwono X di Arboretum Gembira Loka Zoo, pada tahun 2004 yang oleh protokol, hanya menjadwalkan 30 menit untuk kunjungan itu, dalam kenyataannya Sri Sultan Hamengku Buwono X, di tempat itu sampai 3 jam lamanya . Hal itu menunjukkan Sri Sultan Hamengku Buwono X menyukai dan juga memberikan apresiasi yang tinggi terhadap hutan kota. Kemudian Sri Sultan Hamengku Buwono X yang juga sebagai Gubernur Daerah Istimewa, membuat kebijakan yang mendukung pelestarian hutan kota yang berada di Gembira Loka Zoo tersebut, hasilnya Arboretum Gembira Loka Zoo dapat lestari dan dapat dikelola secara lebih baik. Menurut catatan Gembira Loka Zoo, arboretum Gembira Loka Zoo dibangun kembali pada awal tahun 1991 dari Kebun Raya yang sudah rusak.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0 (from 0 votes)
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn
berbagi dengan temanShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Leave a GuestBook


Note : Please do not make spam. Thank You For Giving Opinions