TIP TANAMAN BUGENVIL BERBUNGA PENUH MERATA

Published By: Hari Palguna Kam, Agu 30th, 2012

TANAMAN BUGENVIL

Bugenvil (Bougenvillia sp.) merupakan salah satu jenis tanaman hias, tanaman berbatang kayu, berukuran kecil, berdiri dan sulit tumbuh tegak. Tanaman ini cenderung merambat. Bugenvil  jika berbunga tampak indah, meskipun keindahan itu tidak ditunjukkan oleh bunga sejatinya, namun oleh seludang bunga (daun pelindung) yang melindungi bunga sejatinya yang berukuran kecil. Seludang bunga bugenvil berbentuk spesifik, tipis dan keras mirip plastik atau kertas. Warna bunga bugenvil sama dengan seludang bunganya yaitu  antara lain: merah, merah maroun, jingga, jambon, ungu, kuning dan putih.

Bugenvil yang merupakan tanaman dari Amerika Selatan ini menjadi salah satu jenis tanaman hias yang populer di daerah tropis karena kecantikan warna bunganya, dan tidak mudah layu, serta tanaman ini tidak sulit pemeliharaannya.

TANAMAN BUGENVIL TIDAK BERBUNGA

Sering ditemui tanaman bugenvil yang dipelihara baik-baik dengan media tanam subur, disirami dan dilakukan pemotongan ranting justru tidak menunjukkan tanaman ini berbunga. Kalau berbunga itupun jumlahnya hanya sedikit. Justru menampilkan daun-daunnya yang rimbun berwarna hijau segar. Perlu diketahui bugenvil hanya berbunga pada ujung-ujung rantingnya, tentu dengan pemotongan ujung rantingnya akan menyebabkan tanaman ini tidak berbunga.

TANAMAN BUGENVIL BERBUNGA PENUH DAN MERATA

Tanaman ini akan berbunga jika dilakukan pengurangan pemberian air dan pupuk, serta terkena sinar matahari penuh sepanjang hari. Tip yang dapat dilakukan agar bugenvil berbunga penuh dan merata yaitu mencabut tanaman ini dari media tanamnya, potonglah seluruh akar, ranting dan bersihkan pangkal batang dan daun-daun yang masih terdapat di ranting. Cuci dengan air hingga benar-benar bersih lalu gantung dan angin-anginkan selama antara 15-20 hari. Tanam kembali pada media tanam yang subur, siram media dengan air secukupnya, dan letakkan tanaman di bawah sinar matahari penuh minimal 6 jam sehari. Tunggu hingga tanaman ini tumbuh ranting-ranting, mengeluarkan daun dan selanjutnya akan berbunga yang memenuhi seluruh ranting tanaman.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0 (from 0 votes)
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn
berbagi dengan temanShare on FacebookTweet about this on Twitter

Leave a GuestBook


Note : Please do not make spam. Thank You For Giving Opinions