ULAR SANCA BIBIR PUTIH

Published By: Hari Palguna Rab, Nov 7th, 2012

Nama Lokal              : Ular Sanca Bibir putih

Common Name       : White-lipped Pythons

Nama Latin               : Leiopython albertisii

Klasifikasi     : Ordo Squamata, Famili Pythonidae

Deskripsi      : Sanca bibir putih betina dewasa memiliki panjang tubuh mencapai 213 cm, sedangkan jantan memiliki panjang tubuh mencapai 300 cm. Ular sanca ini memiliki warna tubuh cokelat tua sampai hitam cerah pada bagian dorsal dari kepala hingga ekor dan oranye atau cokelat terang di bagian sisi tubuhnya, sedangkan bagian ventral berwarna putih. Kepalanya sedikit pipih dan melebar pada bagian belakang, dan bibirnya memiliki warna sisik putih dengan garis-garis vertical berwarna hitam.

Perilaku         : Sanca bibir putih ini merupakan jenis hewan yang cenderung pemalu, dan tidak agresif. Saat bertemu lawannya atau predator, mereka akan berlari menjauhinya atau bersembunyi di balik batu atau seresah di dasar hutan.

Reproduksi  : Merupakan jenis hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur (ovipar). Sanca betina menghasilkan 8-15 butir telur dalam satu musim kawin. Telur-telur tersebut berbentuk val dengan cangkang putih. Masa inkubsinya selama 48 hari. ular-ular akan menetas dalam waktu hamper bersamaan, dan memiliki panjang tubuh mencapai 38 cm.

Pakan            : Sanca muda memakan mamalia kecil, berbagai jenis serangga dan bahkan reptile kecil lain saat sudah dewasa.

Habitat           : Ular sanca bibir putih dapat hidup di hutan savanna, padang rumput, hutan hujan dan rawa-rawa. Ular ini lebih memilih hutan yang terbuka, dan dekat dengan air. Jika sewaktu-waktu dalam keadaan bahaya, dia dapat berkamuflase atau melarikan diri secepatnya. Ular ini hidup soliter dan teresterial, jarang terlihat di atas-atas pohon.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0 (from 0 votes)
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn
berbagi dengan temanShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Leave a GuestBook


Note : Please do not make spam. Thank You For Giving Opinions