ULAR TAMBANG

Published By: Hari Palguna Sen, Jan 14th, 2013
ulartaliNama Lokal     : Ular Tambang
Nama Inggris  : Painted Bronzeback
Nama Ilmiah   : Dendrelaphis pictus
Klasifikasi        : Ordo Squamata, Famili Colubridae
Deskripsi         : Ular ini memiliki tubuh kurus dan ramping, panjang tubuhnya mencapai sekitar 1,5 m. Ekornya panjang, mencapai sepertiga dari panjang tubuh keseluruhan.Memiliki warna coklat zaitun seperti logam perunggu di bagian punggung. Pada masing-masing sisi tubuh bagian bawah terdapat bagian seperti pita tipis berwarna kuning terang keputihan, dipisahkan oleh sebuah garis hitam tipis memanjang hingga ke ekor. Kepala berwarna kecoklatan di sebelah atas, dan kuning terang di bibir dan dagu, memiliki garis hitam mulai dari pipi yang melintasi mata dan melebar di pelipis belakang, kemudian terpecah menjadi noktah-noktah besar dan mengabur/mulai hilang di bagian belakang kepala.
Perilaku           : Apabila ular tersebut merasa terancam maka akan muncul warna-warna peringatan berupa bintik-bintik hijau terang kebiruan di bagian leher hingga tubuh bagian muka, yang biasanya tersembunyi di bawah sisik-sisik hitam atau perunggu. Sisik-sisik ventral putih kekuningan atau kehijauan.
Reproduksi      : Ular tambang jantan tubuhnya lebih pendek dan lebih kecil dari betina. Pada bagian alat kopulasi terdapat tonjolan yang merupakan alat kelamin. Jumlah telur yang dihasilkan oleh ular betina yaitu 5-8 butir.
Pakan              : Katak merupakan makanan utamanya, katak yang berukuran kecil mudah sekali ditangkap. Selain itu, ular ini juga memakan mamalia, reptilia dan beberapa serangga kecil.
Habitat            : Ular tambang pada umumnya hidup di hutan-hutan dataran rendah dan pegunungan hingga ketinggian lebih dari 1350 m. Biasanya ular ini menyukai daerah-daerah terbuka, tepian hutan, kebun, semak belukar dan tepi sawah.
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 3.0/5 (1 vote cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0 (from 0 votes)
ULAR TAMBANG, 3.0 out of 5 based on 1 rating
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn
berbagi dengan temanShare on FacebookTweet about this on Twitter

Leave a GuestBook


Note : Please do not make spam. Thank You For Giving Opinions